5 Bahan Alami yang Cocok Dijadikan Pengharum Ruangan

Siapa sih yang nggak suka kalau ruangan di rumah bersih, nyaman, wangi? Pasti suka dong ya! Kondisi ruangan juga mempengaruhi mood kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kondisi ruangan baik, mood pun juga menjadi baik. 

Sebelum membeli pengharum ruangan, MO-ers harus memperhatikan bahan-bahannya, apakah mengandung kimia yang bisa membahayakan kesehatan. Walaupun begitu, nggak semua pengharum ruangan mengandung bahan kimia sih, ada juga berbagai bahan alami yang dapat dijadikan pengharum ruangan.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa dijadikan referensi untuk mengharumkan ruangan MOers. 

Lemon

Sumber Gambar: Unsplash.com

Lemon bisa membuat ruangan MO-ers lebih segar dan terbebas dari bau. Irisannya dapat membersihkan tempat pembuangan sampah dan menghilangkan bau yang tidak sedap. Caranya juga terbilang mudah, MO-ers hanya membuat irisan lemon, kemudian letakkan di ruangan – ruangan yang memiliki aroma tidak sedap. 

Kayu Manis

Sumber Gambar: Pixabay.com

Kayu manis asli dan alami dapat menyerap aroma tidak sedap. Aromanya yang lembut membuat kayu manis sering dijadikan pengharum ruangan di tempat – tempat umum. Ruangan akan terasa lebih nyaman jika menggunakan pengharum ruangan alami ini. 

Buah Kering

Sumber Gambar: Unsplash.com

Buah kering bisa mengharumkan ruangan? Eits, tapi nggak semua buah kering ya, MO-ers bisa mengumpulkan buah – buah kering seperti irisan jeruk kering, cengkeh dan kayu manis. Simpan dalam mangkuk semuanya, kemudian aroma campuran tersebut mampu membantu mengharumkan ruangan. 

Vanilla

Sumber Gambar: portalprobolinggo.pikiran-rakyat.com

Aroma vanilla dapat menghilangkan bau tidak sedap dan membuat ruangan menjadi lebih harum dan segar. Rendam beberapa bola kapas dalam ekstrak vanilla murni dan taruh di atas piring atau mangkuk kecil. Tempatkan piring atau mangkuk di sekitar area untuk menghilangkan bau dari rumah.

Rosemary 

Sumber Gambar: Unsplash.com

Di Indonesia dikenal dengan sebutan Rosmarin. Rosemary kaya akan antioksidan dan zat antiradang. Wanginya saat harum dan mudah tumbuh di mana pun asalkan udaranya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Nah, itu tadi beberapa bahan alami yang bisa dijadikan rekomendasi atau referensi untuk mengharumkan ruangan MO-ers. Ruangan nyaman nggak cuman soal dekorasi, pastikan aroma ruangan MO-ers memiliki aroma yang wangi dan segar, agar betah berlama – lama. Semoga bisa dijadikan referensi ya, MOers!

Referensi: 

https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/berbagai-bahan-alami-untuk-pengharum-ruangan/

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/02/104000876/7-bahan-alami-yang-dapat-menjadi-pengharum-ruangan-?page=all

https://www.merdeka.com/gaya/tanpa-pengharum-ruangan-4-bahan-alami-ini-bikin-kamar-beraroma-wangi.html

https://www.liputan6.com/citizen6/read/4044510/tidak-perlu-beli-buat-sendiri-pengharum-ruangan-dengan-5-bahan-alami-ini

https://www.99.co/blog/indonesia/pengharum-ruangan-alami/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X