Catat! 3 Tips dan Cara Membuat Sirkulasi Apartemen untuk Melegakan Pernapasan

Memiliki apartemen apalagi dengan unit tipe studio berarti kamu sudah siap dengan gaya hidup yang minimalis. Apartemen dengan unit tipe studio berukuran kecil hanya cukup dihuni untuk satu sampai dua orang. Apartemen dengan tipe tersebut belum tentu lengkap dengan jendela dan ventilasi udara yang melegakan pernapasan.

Sirkulasi udara sangat penting untuk pernapasan, apalagi jika apartemen tersebut tidak memiliki ventilasi yang baik dan AC kamar mendadak rusak, maka udara akan semakin pengap dan pernapasan tidak lega. Jendela dan perputaran sirkulasi udara berpengaruh atas kualitas tidur kamu karena akan mempengaruhi nyenyak atau tidaknya dari kualitas tidur tersebut. Berikut tips untuk kamar apartemen kamu agak tidak pengap.

Menata Kamar Tidur

Jika kamar tidur kamu tidak besar, maka menata tempat yang strategis sangat diperlukan. Salah satu cara yang tepat adalah dengan tidak terlalu banyak menyimpan barang di kamar. Strategi yang lainnya adalah mengurangi perabotan yang tidak terlalu digunakan dan berukuran besar. Menggunakan barang-barang minimalis secara tidak langsung akan melegakan pernapasan.

Gunakan Warna Putih 

Keunggulan warna putih untuk kamar kamu akan memberikan kesan kamar lebih luas dan juga lapang. Memang sulit untuk memelihara warna tembok agar tetap bersih, tetapi kamar akan tampak lebih luas bila kamar berwarna putih dan dilengkapi dengan jendela. Cahaya yang masuk ke jendela akan memberikan kesan tidak pengap sehingga memperlancar pernapasan.

Manfaatkan Exhaust Fan sebagai Ventilasi Udara

Jika apartemen kamu tidak memiliki jendela yang mengarah ke luar, maka kamu bisa menggunakan exhaust fan sebagai pilihan selanjutnya sebagai ventilasi udara. Exhaust fan bisa digunakan jika kipas angin dan AC sedang mati. Barang ini menjadi solusi yang tepat untuk kamu yang ingin ada perputaran sirkulasi udara yang melegakan pernapasan tetapi tidak ada jendela atau ventilasinya.

Selain tips di atas, kamu juga bisa melakukan beberapa tindakan untuk mengurangi kepengapan di kamar seperti membersihkan kamar agar terhindar dari debu yang berpotensi menghambat pernapasan kamu, sebaiknya kamu membersihkan kamar minimal tiga hingga lima hari sekali.

Kondisi sirkulasi udara yang melegakan pernapasan dan tidak membuat sesak nafas memiliki pengaruh yang besar bagi kualitas hidup kamu. Jangan sampai apartemen kamu yang seharusnya nyaman menjadi mencekam karena udara yang pengap dan menghambat pernapasan kamu.

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X